Manfaat Yoga





Manfaat Yoga
Siapapun sudah tahu apa itu Yoga, bukan ?
Yoga berasal dari bahasa Sanskerta  berarti "penyatuan", yang bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta". Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan.
Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktekkan selama lebih dari 5000 tahun.
Setiap orang memiliki energi atau aliran panas yang berasal dari dalam tubuh. Dengan senam yoga, kita akan belajar bagaimana cara mengarahkan energi tersebut kepada sesuatu yang bersifat konstruktif.Sebagai olah seni dan jiwa, yoga mengombinasikan pengendalian pikiran, pernapasan, dengan latihan fisik. Gerakannya cenderung halus dan tidak terburu-buru.
Berbeda dengan aktivitas fisik lainnya, senam yoga memiliki dua macam disiplin praktik, yakni gerak dan diam. Disiplin gerak bermanfaat untuk menguatkan fisik, menghilangkan kekakuan sendi dan otot, serta mengontrol kesehatan saraf dan kelenjar tubuh. Sementara disiplin diam akan mengajarkan kita cara untuk fokus memusatkan konsentrasi. Manfaat yang dirasakan adalah dapat lebih mengontrol emosi serta meningkatkan daya ingat.
Beberapa manfaat Yoga di antara sebagai berikut :
1.      Media Relaxasi
gerakan-gerakan yang terdapat pada yoga merupakan bentuk gerakan-gerakan tubuh dan anggota badan secara perlahan-lahan. Gerakan badan secara perlahan lahan ini akan membuat tubuh anda menjadi rileks dan santai. Selain itu, biasanya backsound atau suara latar pada saat melakukan yoga adalah suara-suara alam, seperti aliran air atau hembusan udara yang sangat membuat diri anda menjadi sangat rileks. Bisa juga gerakan yoga diiringi dengan music-musik bertempo lambat, yang akan membuat anda menjadi tenang, santai dan rileks. Ketika anda merasa rileks dan tenang saat melakukan yoga, maka ada manfaat lain yang bisa anda peroleh. Anda bisa menghilangkan beban pikiran yang menggangu. Ketika anda melakuukan yoga, seluruh pikiran anda akan dibawa ke dalam alam relaksasi, sehingga banyak pikiran dan emosi negative akan keluar dengan sendirinya, begitu pula ketika anda sedang stress.
2.      Meningkatkan Kebugaran dan Daya tahan serta imunitas tubuh
Seperti manfaat-manfaat lain yang dapat anda peroleh ketika anda melakukan suatu olahraga, yoga juga dapat bermanfaat bagi daya tahan dan imunitas tubuh anda. Gerakan-gerakan yoga memiliki hasil yang sama dengan gerakan olahraga. Maka dari itu, gerakan-gerakan yoga dapat meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh anda, sehingga anda akan mudah terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang daya tahan atau imunitas tubuh anda.selain itu gerakan Yoga juga mampu meningkatkan kebugaran tubuh karena , selain adanya relaksasi, gerakan-gerakan pada yoga juga menstimulus bagian tubuh anda untuk tetap bergerak secara aktif.
3.      Meningkatkan kemampuan mengontrol emosi
Gerakan Yoga juga sangat bermanfaat untuk mengontrol emosi, baik emosi secara positif maupun emosi secara negatif. Dari segi emosi, teknik-teknik relaksasi dan gerakan anggota tubuh secara perlahan yang menuntut kemampuan anda dalam mengontrol gerakan diri sendiri, akan berujung pada meningkatnya kemampuan anda dalam menguasai dan mengontrol emosi pada diri anda. Anda akan menjadi orang yang tidak cepat marah, tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan, dan lebih mudah untuk mengontrol emosi anda, baik emosi positif maupun emosi negatif.
4.      Meningkatkan Konsentrasi dan daya ingat
Gerakan-gerakan dalam yoga terdiri dari gerakan-gerakan kecil dari anggota tubuh anda. anda dituntut untuk berkonsentrasi penuh agar bisa melakukan gerakan-gerakan yoga tersebut dengan baik. Selain itu, ketika akan melakukan relaksasi anda juga akan terlatih untuk meningkatkan konsentrasi anda. Konsentrasi akan berbanding lurus dengan kemampuan daya ingat anda. Apabila anda sudah mampu meningkatkan konsentrasi anda, maka dapat dipastikan daya ingat anda pun akan lebih baik setelah melakukan yoga.
5.      Melancarkan peredaran darah
Sama dengan berbagai jenis olahraga yang dapat ditekuni, yoga juga dapat bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah. Hal ini dapat membantu anda agar terhindar dari beberapa penyakit, seperti jantung dan penyumbatan pembuluh darah.
6.      Meningkatkan fungsi pernapasan
Selain mengoptimalkan kerja jantung, yoga juga dapat mengoptimalkan kerja paru – paru, untuk meningkakanfungsi pernapasan . Teknik-teknik pernapasan dan relaksasi pada olahraga yoga akan membantu anda mengoptimalkan kerja paru-paru, dan membuat anda memiliki fungsi peranapasan yang lebih baik lagi.
Demikian beberapa manfaat dari Yoga dan masih banyak lagi manfaat dari Yoga secara umum yang sangat baik terutama bagi kesehatan anda, tidak hanya kesehatan tubuh dan fisik, namun kesehatan mental dan pikiran anda pun akan terjaga. Hal ini disebabkan karena gerakan-gerakan yang ada di dalam yoga disertai dengan relaksasi, yang secara langsung dapat mempengaruhi kesehatan pikiran dan mental anda juga.

*** Diolah dari berbagai Sumber